November 01, 2010

Teori VS Praktek


Teori dan Praktek , dua hal yang selalu berkaitan dalam hidup
Praktek membutuhkan teori , sedangkan teori berasal dari praktek.
Tapi sayangnya sekarang banyak orang yang menganggap remeh teori .
Di lembaga kursus keterampilan dan pengetahuan selalu di iklankan 100% praktek.
Selalu saja, ah..teori , di prakteknya kan beda.

Memang pada prakteknya akan berbeda tapi perbedaan tidak akan pernah jauh dari teori yang sudah ada, kalaupun dalam prakteknya terdapat perbedaan yang begitu jauh , berarti kita telah menemukan teori yang lebih baru.

Hal yang membuat saya menulis tulisan ini adalah perilaku kehidupan masyarakat sekarang ini.

Mereka kok jadi terbalik !!!

Selama ini banyak saya lihat , orang kalau belajar , bekerja atau melakukan sesuatu yang mempunyai disiplin ilmu, mereka tidak melakukannya berdasarkan teori tapi maunya langsung praktek.

Tapi pada saat yang sama mereka senang membaca buku – buku dari para “motivator” yang membuat teori tentang menjalani kehidupan.

Seperti yang saya lihat pada buku – buku seperti ini , terdapat teori (dalam bentuk gambar rumus , bahkan kurva )

Contohnya
Pembuat teori ini mengatakan , kehidupan kita akan turun naik seperti kurva S diatas , setiap orang akan melewati kurva S nya sendiri.

Kok bisa – bisanya kehidupan yang memang kita tahu turun dan naik , dijadikan teori seperti itu “Kurva S”, kok jadi bodoh , semua orang juga tahu kalau kehidupan memang seperti itu. , belum lagi tentang sukses yang mempunyai rumus macam – macam , mengalahkan rumus Matematika.

Hal seperti ini yang seharusnya memang harus di praktekkan , malah sibuk dibuat teori nya , dan herannya kok ada saja yang membacanya bahkan menjadikannya pedoman hidup.

Orang seperti ini selalu beranggapan kita bisa karena biasa , bukan karena belajar dari teori.

Bagi saya teori ( tentang ilmu pasti dan ilmu – ilmu lainnya ) sangat penting , lain halnya dengan teori tentang menjalani kehidupan yang sangat tidak penting , bodoh dan sakit.

0 comments:

Posting Komentar