November 22, 2010

The Shawshank Redemption (1994)


Semuanya bermula ketika seorang bankir bernamaAndy Dufresne (Tim Robbins) dihukum karena menembak mati pria yang menjadi selingkuhan istrinya. Dalam masa hukumannya di penjara Shawshank, ia bertemu dengan tahanan lain Ellis Boyd Redding (Morgan Freeman) dan mereka pun berteman. 

Karena kepandaiannya dalam mengurus surat-surat berharga dan pengalamannya sebagai bankir, banyak orang memanfaatkan Andy untuk melakukan pekerjaan kotor seperti pencucian uang, dan penggelapan ijazah dan surat berharga lainnya, termasuk kepala sipir, Warden Norton (Bob Gunton), yang memaksanya untuk terlibat dalam berbagai kegiatan korupsi. Namun di balik semua itu ternyata Andy telah menyiapkan sebuah rencana besar untuk kabur dari penjara Shawshank. Sebuah pelarian yang terencana dan mengagumkan.

Bersetting tahun 1940-an, The Shawshank Redemption adalah salah satu film terbaik dimasanya dan beberapa kritikus menilainya sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat hingga kini. Pada awalnya film ini begitu flop di pasaran, namun ketika rilis dalam bentuk DVD, ia mulai dicari oleh para pecinta film. Film ini juga merupakan peringkat teratas 250 film terbaik sepanjang masa versi IMDB.com.

 "Get busy living, or get busy dying" (Andy Dufresne)

Pemain : Tim Robins, Morgan Freeman, Bob Gunton
Sutradara : Frank Darabont
Genre : Drama
Rating : 


0 comments:

Posting Komentar