November 21, 2010

I am Sam (2001)

Film keluarga yang bagus. Bercerita tentang perjuangan seorang ayah untuk mendapatkan hak asuh terhadap anaknya yang hendak di bawa ke panti asuhan. Sam Dawson (Sean Penn) memerankan tokoh ayah yang terbelakang tapi memiliki semangat dan kasih sayang yang sangat luar biasa terhadap putrinya Lucy (Dakota Fanning). Dikisahkan bahwa Sam memiliki keterbatasan mental dan hanya mempunyai IQ seusia anak 7 tahun.

Masalahnya muncul ketika Lucy berusia 7 tahun. Sam dianggap oleh pemerintah tidak mampu menjadi ayah yang baik untuk putrinya karena keterbatasan Sam dalam mengurus putrinya. karena ketidakmampuan Sam dalam membela dirinya untuk memenangkan hak asuh putrinya,

Sam akhirnya meminta tolong kepada seorang pengacara bernama Rita Harrison (Michelle Pfeiffer). Rita semula enggan membantu Sam, tetapi pada akhirnya luluh terhadap keras kepalanya (atau tepatnya kepolosan) Sam. Bukan hal yang mudah untuk memenangkan hak kepengurusan dari Lucy dari pengadilan. Seiring perjalanan sidang, Rita dan Sam pun lebih banyak belajar satu dengan yang lainnya. Rita belajar dari Sam bagaimana merawat dan mendidik anaknya dengan benar sementara Sam sendiri belajar bagaimana untuk mengenali orang lain secara lebih mendalam lagi.

Film ini adalah sebuah film keluarga yang sangat menyentuh hati. Saya hampir yakin bahwa semua orang yang menyaksikan film ini akan terharu melihat bagaimana usaha Sam dalam mendapatkan hak mengasuh anaknya kembali. Seakan tak cukup dengan itu semua, cerita dalam I Am Sam mampu dipadukan antara tawa dan tangis yang pas. Akan ada adegan yang membuat kita tersenyum, lantas adegan lanjutannya akan membuat kita trenyuh menontonnya. Luar biasa. Sebagai pelengkapnya, I Am Sam juga dipenuhi dengan soundtrack-soundtrack dari The Beattles yang mengiringi tiap adegannya dengan pas. Baik dalam lagu maupun dalam iringan instrumental film yang mampu menggiring mood penonton.

Rating :

0 comments:

Posting Komentar